Intip Kerak Nasi Khas Cirebon

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiaOVBHTN4K0lTcrasGLBpceGwBh3XF3dLN8F5Zifz5L9B-0DJFJ2pabvJFs9297OjTh4quzDgqJlNKJJcd-t3TIrplOGH5w9lPHpfVB_N69cVUSL-U-OdLyL2QfNde77Qszaq2-s9MsQY/s72-c/intip_kerak_nasi_grid.jpg click to zoom
Ditambahkan 18.02
Kategori Cemilan Terbaru
Harga Rp. 45.000,-/kg@ Intip nasi atau kerak nasi, salah satu cemilan khas dari Cirebon, kebanyakan para pembuatnya ada di Kecamatan Gunu...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Intip Kerak Nasi Khas Cirebon


Rp. 45.000,-/kg@

Intip nasi atau kerak nasi, salah satu cemilan khas dari Cirebon, kebanyakan para pembuatnya ada di Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon. Ada 2 pilihan rasa yakni manis dan gurih bedanya hanya yang satu pakai gula pasir, gula aren, atau madu dan yang gurih biasanya ada ketumbar dalam proses masaknya serta jelas ditaburi garam halus.

Intip nasi sangat nikmat buat cemilan di siang atau malam hari sambil menikmati waktu bersama keluarga. Ngemil dan bikin kenyang ya pilihannya intip nasi, pilihan tepat. Tambah minuman hangat, terasa nikmat ngemilnya.

Intip kerak nasi merupakan makanan khas rakyat kecil, yang mana merupakan salah satu cara kreatif agar sisa nasi yang ada di periuk masak tidak terbuang percuma. Saat ini kerak nasi jarang dijumpai karena cara masak masyarakat yang sudah berpindah ke alat listrik (magic com). Sebenarnya dengan cara khusus pun masih dapat juga memperoleh kerak nasi dari magic com. Kerak nasi masih bisa dijumpai apabila menanak nasi dengan cara yang tradisional. Kerak nasi yang biasanya masih basah, tentu akan dijemur terlebih dulu selama 2-3 hari agar benar-benar kering. Kerak nasi akan diproses setelahnya apabila sudah terjemur kering, dan kemudian akan digoreng.

Berikut adalah resep dan cara memasak intip (kerak) nasi :

Bahan utama:
Intip atau kerak nasi liwet berdiameter 20-25 cm sebanyak 4 – 5 intip

Bahan-bahan bumbu:
Kelapa 2 butir
Bawang putih 1 kg
Bawang merah 250 gram
Ketumbar 1 ons
Garam 250 gram
Gula pasir 4 kg

Adonan intip kering setelah dijemur dan siap dimasak.

Cara pembuatan:
Kerak nasi yang sudah dijemur hingga kering di bawah sinar matahari.
Dua butir kelapa yang tua dibuat santan kemudian dicampur air 4 liter.
Bawang putih, bawang merah dan ketumbar dihaluskan.
Campurkan ke dalam air santan secara perlahan sambil diaduk-aduk agar tercampur rata. Selanjutnya tambahkan garam dan gula pasir.
Intip yang telah kering setelah melalui prose penjemuran digoreng dengan minyak goreng hingga seluruh adonan intip tenggelam. Peroses penggorengan memerlukan waktu kira-kira 10 menit.
Olesi seluruh permukaan kerak nasi yang telah digoreng matang dengan campuran air bumbu secara merata. Disarankan mengolesi intip dengan daun pisang yang disuwir seperti serabut atau lidi dari daun kelapa yang masih muda.
Setelah diolesi bumbu, tunggu hingga bumbu mengering dan meresap ke dalam adonan intip.
Siap disantap atau disimpan untuk dinikmati nanti.


Intip Kerak Nasi Gurih :
Untuk resep intip asin cukup tidak menambahkan gula dan ketumbar ke dalam bumbunya. Namun, ada juga resep intip asin yang menyarankan menggunakan ketumbar, Anda hanya tidak menambahkan gula ke dalam bumbunya.

Sekilas intip memang mirip rengginang. Namun, bumbu rempahnya yang melekat membuat intip lebih gurih dan renyah. Selain itu, intip juga bisa tahan hingga 2-3 minggu.





Komentar